7 Langkah Mudah Mengatasi Memori Internal Android Penuh

Di Informasi Android 18954 views

Masalah umum yang kerap dialami oleh para pengguna smartphone Android salah satunya adalah memori internal penuh, meskipun hanya memasang sedikit aplikasi. Hal ini kerap dialami oleh pengguna Android Samsung, yang memang smartphone dari merek tersebut banyak yang hanya dibekali dengan memori internal kecil (terutama hp samsung keluaran lama).

Mengatasi Memori Internal Android Penuh

Memang benar dengan memasang hanya sedikit aplikasi di smartphone Android berarti mengurangi penggunaan memori internal (memori telepon) di smartphone mereka. Namun apakah hanya file aplikasi saja yang tersimpan di memori telepon?

Jawabannya adalah tidak, masih banyak file lain seperti cache, data, file download, dan file lainnya yang masuk ke penyimpanan internal. Dan Anda harus sering-sering memberisihkannya, karena beberapa file memang otomatis tersimpan seiring dengan penggunaan smartphone itu sendiri.

Apabila dibiarkan terus menurus, maka file tersebut akan terus menumpuk sampai memori internal Android anda benar-benar penuh. Efek buruknya biasanya Android lemot atau lelet saat sedang digunakan, dikarenakan memori internal yang penuh tadi.

Untuk mengatasi masalah tersebut lakukan langkah berikut agar penyimpanan internal di Android Anda kembali lega.

Solusi Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android

  • Rutin Bersihkan Cache Aplikasi.

File cache bisa dibilang adalah file sampahnya Android, file ini otomatis muncul karena kita menggunakan aplikasi atau game. Semakin sering Anda menggunakan aplikasi atau game file cache ini akan semakin banyak, jadi Anda harus rutin membersihkannya.

Untuk membershikan file cache ini caranya juga mudah banget, Anda masuk ke PengaturanAplikasi Manager – lalu pilih aplikasi yang akan Anda hapus file cachenya, nanti akan tampil halaman info aplikasi tersebut. Geser ke bawah dan cari tulisan Hapus Cache, lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

Cara Menghapus Cache di Android

Bisa Anda lihat di situ, file cache sebesar 356 Mb. Itu baru satu game coba kalau ada 10 game atau aplikasi, berarti ada banyak sekali file cache yang masuk ke memori internal.

  • Hapus File Sisa Baik hasil Download atau Kiriman.

Apabila Anda pernah mendownload aplikasi atau game dalam format Apk, dan sudah mengintal aplikasi tersebut sebaiknya file bekas download tadi anda hapus dari folder Download di penyimpanan internal Android Anda.

Berlaku juga untuk kiriman dari Android lain semisal Anda meminta keteman Anda dikirmikan aplikasi atau game lewat ShareIt, dan jika aplikasi kiriman tersebut sudah terinstal di hp Anda sebaiknya Anda segera menghapus file kirimannya juga yang ada di folder ShareIt di penyimpanan internal.

  • Alihkan Penyimpanan Hasil Kamera ke Memori Eksternal.

Pada pengaturan bawaan Android biasanya media penyimpanan dari hasil kamera baik foto maupun video akan masuk ke memroi internal. Coba anda lihat di rincian foto yang Anda ambil dari kamera Android Anda, file foto tersebut pasti ukurannya lebih dari 1 Mb. Belum lagi untuk file Video yang ukurannnya jauh lebih besar lagi.

Hal itu jika dibiarkan terus, maka akan memakan banyak sekali penggunaan memori internal. Apalagi jika Anda hobi foto atau selfie. Jadi saya sarankan Anda untuk mengalihkan penyimpanan hasil kamera ke memori eksternal Android.

Untuk cara ngaturnya, Anda bisa membuka Aplikasi KameraPengaturan Kamera (biasanya ditandai dengan logo roda gigi) – selanjutnya pilih penyimpanan kamera ke SD Card. Mungkin akan sedikit berbeda caranya di tiap tipe dan jenis smartphone Android.

  • Pindahkan File Media Seperti Musik, Foto, dan Video ke Memori Eksternal.

Coba Anda periksa kembali di folder-folder yang ada di penyimpanan internal Android Anda. Siapa tau ada file media seperti musik mp3, foto maupun video yang masih tersimpan disitu. Anda bisa mencarinya di folder Download, Bluetooth, atau folder aplikasi transfer file seperti ShareIt misalnya.

Jika Anda menemukan file media, atau file penting lain segera pindahkan ke penyimpanan eksternal (SD Card) Anda.

  • Matikan Auto Download Media di Aplikasi Whatsapp.

Bagi Anda pengguna aplikasi whatsapp pasti sudah tahu kan apabila ada orang yang mengirim file media baik itu foto maupun video pasti akan tersimpan ke galeri di Android kita? Dan file tersebut akan tersimpan di memori internal Android kita.

Jadi saya sarankan Anda untuk mematikan fitur auto download ini, agar file media yang dikirimkan orang lain tidak langsung masuk ke galeri. Caranya bisa Anda cari di pengaturan aplikasi whatsapp di hp Anda.

  • Hapus Aplikasi yang tidak Diperlukan.

Langkah selanjutnya Saya sarankan Anda untuk menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi bahwa dengan memasang sedikit aplikasi berarti mengurangi penggunaan memori internal.

Dengan melakukan hal tersebut juga akan menambah kapasitas RAM kosong di Android Anda, Jadi kinerja Android Anda akan semakin cepat.

  • Hapus Folder Aplikasi yang Sudah tidak Terpakai.

Langkah terakhir untuk mengatasi memori internal Android yang penuh adalah dengan menghapus folder aplikasi yang sudah tidak terpakai. Perlu Anda ketahui biasanya walaupun sebuah aplikasi sudah kita hapus, namun folder aplikasi di penyimpanan internal masih ada.

Coba Anda periksa di memori internal Anda siapa tau masih ada folder aplikasi yang tertinggal dari aplikasi yang sudah Anda hapus. Jika menemukannya segera hapus folder tersebut.

Banner iklan disini

Tags: #Android #Memori Internal #Memori Telepon #Penyimpanan Internal

Trik Baru, Cara Mengirim Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik
Trik Baru, Cara Mengirim Pesan Whatsapp Tanpa Mengetik
Whatsapp atau WA aplikasi media komunikasi yang
Cara Upload Bingkai Foto Profil Facebook Buatan Sendiri
Cara Upload Bingkai Foto Profil Facebook Buatan Sendiri
Kali ini Saya akan membagikan cara upload
Cara Membuat Bingkai Facebook Sendiri di Android
Cara Membuat Bingkai Facebook Sendiri di Android
Pasti Kalian pernah melihat kan foto profil
2 Cara Bobol Wifi yang Dipassword di Android tanpa Root
2 Cara Bobol Wifi yang Dipassword di Android tanpa Root
Sering kali ketika sedang di taman atau
Baca Juga×

Top