Cara Registrasi Ulang SIM Card Prabayar Untuk Semua Operator

Di Informasi Android 16148 views
Best Domain Hosting, Hosting Sites, Cheap Hosting

Peraturan baru dari Kementrian Komunikasi dan Telekomunikasi mengharuskan semua pengguna telepon selular untuk melakukan registrasi ulang kartu SIM Prabayar mereka. Jika tidak mendaftar ulang maka nomor tersebut akan diblokir“.

Mulai akhir Oktober nanti kita sudah tidak bisa lagi berganti-ganti kartu seenak sendiri, karena akan segera diberlakukan registrasi sesuai data kependudukan yang sah. Sebelum tanggal 28 Februari 2018 semua kartu SIM prabayar harus sudah diregistrasi ulang jika tidak ingin diblokir.

Ini bertujuan supaya data pelanggan seluler bisa divalidasi sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga. Hal ini juga sesuai dengan tujuan pemerintah untuk menggunakan NIK sebagai National Single Identity. Selain itu juga diharapkan agar bisa mengurangi penyalahgunaan nomor selular untuk motif kejahatan dan konten buruk atau negatif.

Maka dari itu semua pelanggan nomor selular baik yang lama atau baru wajib melakukan registrasi yang benar sesuai dengan identitas diri. Lantas bagaimana cara registrasi ulang untuk SIM Card Prabayar yang lama, apakah sama seperti registrasi kartu biasanya?

Ada sedikit perbedaan untuk registrasi ulang kartu lama, tapi tidak usah khawatir semua akan saya jelaskan disini. Kalian bisa melihat caranya berikut ini.

Cara Registrasi Ulang SIM Card Sesuai KTP dan KK

Cara Registrasi Ulang SIM Card Prabayar Untuk Semua Operator Agar Tidak Diblokir.

Berhubung harus sesuai dengan Nomor Kartu Keluarga dan NIK e-KTP maka sebelumnya kamu harus tahu dulu mana yang disebut dengan Nomor KK, Nomor Induk Kependudukan, dan NIK e-KTP. Untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini.

Cara Registrasi Ulang SIM Card Prabayar Semua Operator

Baca Juga:

Baca Juga:   Cara Mengatasi Baterai Android Yang Cepat Habis

Dengan melihat gambar di atas seharusnya kamu sudah paham lokasi nomor yang dibutuhkan untuk registrasi ulang SIM Card Prabayar nantinya. Sekarang kita lanjut ke caranya, disini saya akan memberikan cara untuk masing-masing operator, kalian pilih mana yang sesuai dengan operator yang kalian gunakan.

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Card Prabayar Lewat SMS

Cara registrasi ulang SIM Card Prabayar untuk pelanggan baru maupun lama caranya mudah sekali. Kalian hanya perlu mengirim SMS ke nomor 4444 dengan menyertakan data sesuai KTP dan Nomor Induk Kependudukan yang ada di KK.

Untuk Pelanggan Baru

Format SMS yang harus kamu kirimkan ke nomor 4444 bagi pelanggan baru yaitu sebagai berikut:

  • Untuk nomor Tri, Smartfren, dan Indosat, ketik SMS dengan format: NIK E-KTP#Nomor KK# lalu kirim ke 4444
  • Untuk nomor XL, ketik SMS dengan format: DAFTAR#NIK E-KTP#Nomor KK lalu kirim ke 4444
  • Untuk nomor Telkomsel, ketik SMS dengan format: REG#NIK E-KTP#Nomor KK lalu kirim ke 4444

Untuk Pelanggan Lama

  • Untuk Pengguna Telkomsel lama dengan format: ULANG(spasi)NIK E-KTP#Nomor KK# kirim ke 4444
  • Sedangkan untuk operator lain selain Telkomsel bisa dengan format: ULANG#NIK E-KTP#Nomor KK# kirim ke 4444

Jika terjadi kegagalan atau tidak bisa melakukan registrasi ulang Kartu SIM Prabayar kalian bisa memberikan surat pernyataan yang ada di gerai resmi sesuai dengan operator yang kalian gunakan. Masalah ini biasanya disebabkan karena pihak dari operator tidak menemukan data anda di database Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil.

Alasan Pemertintah Mengharuskan Semua Orang Melakukan Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar.

Dengan peraturan registrasi ulang kartu SIM sesuai data valid ini pemerintah bertujuan untuk menangkal penyalahgunaan layanan telekomunikasi untuk kriminalitas dan juga penyalahgunaan kartu yang bisa merugikan orang lain.

Baca Juga:   Tutorial Cara Cepat Rooting Smartfren Andromax

Seperti yang kerap terjadi bentuk kriminalitas dengan kartu SIM, misalnya, penipuan keuangan, aksi terorisme. Seperti yang kerap terjadi banyak penipuan dari orang tak dikenal yang meminta transfer uang atau pulsa. Pemerintah berencana, penipuan semacam ini dapat dicegah sebab nomor telpon dapat dilacak dari data nomor tersebut karena sesuai dengan data yang valid.

Akhir Kata

Demikian tadi cara registrasi ulang SIM Card Prabayar untuk semua operator selular baik pengguna kartu lama maupun baru. Periode registrasi ulang ini berlaku hingga akhir Februari 2018, jadi diharapkan untuk kalian semua segera melakukan pendaftaran ulang secepatnya agar nomor yang kalu gunakan saat ini tidak diblokir.

Tags: #Registrasi #Sim Card

Cara Mudah Memperbaiki Lupa Kunci Pola Pada Hp Android
Cara Mudah Memperbaiki Lupa Kunci Pola Pada Hp Android
Best Domain Hosting, Hosting Sites, Cheap Hosting
Cara Mangganti Gambar Profil dan Sampul Facebook Dengan Video
Cara Mangganti Gambar Profil dan Sampul Facebook Dengan Video
Best Domain Hosting, Hosting Sites, Cheap Hosting
GGWP, EZ Apakah Artinya? Inilah Istilah Yang Kerap Muncul Di Game
GGWP, EZ Apakah Artinya? Inilah Istilah Yang Kerap Muncul Di Game
Best Domain Hosting, Hosting Sites, Cheap Hosting
Apakah Xiaomi Mudah Rusak? Baca Ini Sebelum Membelinya
Apakah Xiaomi Mudah Rusak? Baca Ini Sebelum Membelinya
Best Domain Hosting, Hosting Sites, Cheap Hosting
Hero Mobile Legends Untuk Pemula Yang Mudah Digunakan
Hero Mobile Legends Untuk Pemula Yang Mudah Digunakan
Best Domain Hosting, Hosting Sites, Cheap Hosting
Baca Juga×

Top