Tips Mudah Cara Mengatasi Android LEMOT atau LELET

2350 views

Cara mengatasi Android lemot atau lelet, Henpontop.com – Selain baterai Android cepat habis masalah lemot atau lelet juga kerap menjadi gangguan serius pada Android. Kenapa bisa begitu? Coba saja kalian bayangkan ketika sedang terburu-buru melakukan sesuatu lewat ponsel kita namun tiba-tiba ponsel kita lag atau macet, atau mungkin kinerjanya sangat lemot dan lelet sehingga sangat sulit untuk menggunakannya.

Pasti sangat menjengkelkan bukan? Ternyata banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, selain faktor usia (masa pakai) dan faktor kerusakan, kesalahan dalam penggunaan atau kurangnya perawatan juga bisa memicu terjadinya hal tersebut pada Android kita.

Nah, buat kalian sedang mengalami masala seperti ini, atau sekedar ingin tahu saja agar bisa terhindar dari masalah seperti ini perlu mengetahui tips yang akan saya berikut ini. Tips mengatasi android lemot atau lelet ini cukup sederhana dan mudah dilakukan, namun akan mengembalikan kinerja smartphone kalian jadi normal kembali.

1. Memfilter aplikasi yang terinstal.

Maksudnya di sini adalah kalian harus menyaring lagi mana aplikasi penting dan dirasa dibutuhkan dan mana yang tidak. Lakukan penghapusan pada aplikasi yang dirasa tidak penting, agar kerja smartphone kalian jadi lebih ringan. Dengan menghapus aplikasi juga bisa membuat ruang penyimpanan internal pada smartphone kalian jadi lebih longgar.

2. Membersihkan penyimpanan internal.

Selain dengan menghapus aplikasi tidak penting, kalian juga perlu membersihkan memori internal di smartphone kalian dari file sampah atau yang sudah tidak terpakai. Mungkin banyak yang tidak mengetahui, setiap kita mendownload sebuah file biasanya akan tersimpan pada memori internal. Alangkah baiknya jika file tersebut sudah tidak dipakai lagi segera kalian hapus, namun jika dirasa masih penting sebaiknya pindahkan ke memori eksternal atau SD Card.

Sebab memori internal sifatnya terbatas, dan tidak bisa diganti dengan yang lebih besar. Berbeda dengan memori eksternal atau SD Card dimana kita bisa menggantinya dengan membeli yang memiliki kapasitas lebih besar.

3. Bersihkan data cache aplikasi terinstal.

Hal yang ketiga ini saya rasa jarang sekali orang yang melakukannya, padahal ini sangat berpengaruh sekali dengan kinerja smartphone kalian. Memang data cache pada aplikasi itu penting karena bisa menyimpan berbagai data dari aplikasi terinstal ke ruang penyimpanan internal.

Dengan begitu kalian tak perlu waktu lama ketika membuka sebuah aplikasi, karena data cache sudah tersimpan sebelumnya. Namun dengan berjalannya waktu akhirnya penumpukan data cache akan berlebihan sehingga akan berdampak pada kinerja smartphone itu sendiri.

Cara membersihkannya adalah kalian masuk ke Pengaturan > cari aplikasi yang ingin dibersihkan > kemudian Hapus Cache.

4. Perbarui sistem.

Melakukan update atau pembaruan pada sistem juga bisa mengatasi masalah Android lemot atau lelet. Karena setiap tersedia pembaruan sistem pasti akan ada penambahan fitur atau perbaikan bug yang penting untuk smartphone yang kita gunakan.

Jadi apabila ada pemberitahuan untuk pembaruan baru segera lakukan pembaruan tersebut, agar sistem yang kita gunakan tetap baik.

5. Kembalikan ke pengaturan pabrik atau Factory Reset.

Langkah kelima adalah langkah terakhir apabila keempat langkah di atas tidak berhasil. Yaitu dengan melakukan kembali ke pengaturan awal atau dengan factory reset, sehingga dengan langkah ini smartphone kalian akan kembali menjadi seperti baru lagi, dan otomatis kinerjanya pun akan kembali maksimal.

Namun sebelum melakukan hal ini sebaiknya kalian membackup terlebih dahulu beberapa file penting yang ada di memori internal, dan juga kontak yang tersimpan di penyimpanan hp.

Cara melakukannya kalian masuk ke Pengaturan > Backup dan Reset > Factory dan Reset.

Sepertinya itu saja tips mudah tentang cara mengatasi Android yang lemot atau lelet dari saya. Saya rasa dengan tips-tips di atas akan bisa mengatasi masalah yang sedang kalian alami, jika bermanfaat jangan sungkan untuk membagikan tips ini kepada teman kalian.

Tags: #android lelet #android lemot

Banner iklan disini