Tips Sederhana Agar Baterai Android tidak Cepat Kembung

Di Informasi Android 24272 views

Pasti Anda menyadarinya bukan bahwa baterai hp sekarang tidak ada yang bertahan sampai berhari-hari, tidak seperti hp dulu yang kita hanya mengisi baterai beberapa hari sekali. Apalagi pada smartphone seperti Android misalnya, paling kuat tahan selama satu hari satu malam.

Itu bukan dikarenakan kualitas baterai sekarang buruk, melainkan karena smartphone sekarang memang memiliki konsumsi daya baterai yang banyak. Selain itu juga bisa karena penggunaan yang kurang tepat, alhasil membuat baterai di smarpthone Anda menjadi rusak.

Untuk melihat baterai tersebut dalam kondisi masih baik atau tidaknya, Anda bisa melihat dari bentuk fisiknya.Anda bisa melihatnya apakah sudah kembung atau belum, baterai Android kembung menandakan bahwa baterai tersebut sudah tidak sehat.

Efek dari hal tersebut biasanya mengakibatkan baterai Android cepat habis, meskipun kita tidak sedang menggunakannya. Lantas bagaimana agar baterai Android tidak cepat kembung, apakah kita bisa mencegahnya? Nah di sini Saya akan membahasnya, Saya akan memberi sedikit tips agar hal tersebut tidak terjadi, sehingga baterai Android Anda jadi lebih awet.

Tips Agar Baterai Android tidak Cepat Kembung

Tips Agar Baterai Android tidak Cepat Kembung

Pasti kesal bukan jika baru beberapa bulan di pakai, tapi baterai android Anda sudah minta di ganti karena kembung atau bocor? Hal tersebut ternyata bisa dicegah, seenggaknya bisa membuat baterai hp Anda jadi lebih awet. Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca tipsnya berikut ini.

  • Hindari Overheat

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dengan pemakaian baterai. Jika digunakan terus menerus tanpa diberikan waktu untuk istirahat, bisa saja smartphone mengalami overheat. Bahkan ada beberapa smartphone yang gampang sekali overheat meskipun tidak digunakan karena efek wakelock.

Wakelock yaitu kondisi dimana aplikasi tetap berjalan di backgruond dalam CPU dan berjalan di frekuensi yang tinggi, bahkan membuat layar tetap menyala.

Selain karena aplikasi, penyebab wakelock bisa disebabkan oleh penggunaan kamera secara berlebihan, dan berpotensi untuk overheat. Hal ini disebabkan karena kamera akan memaksa prosesor pengolahan gambar untuk memproses dengan cepat. Untuk itu, Kezzy sarankan untuk menggunakan kamera saat dibutuhkan saja.

  • Hindari Penggunaan Smartphone Saat di Charge

Saat proses isi ulang, sebaiknya smartphone dalam keadaan mati atau tidak digunakan. Karena jika sering menggunakan samrtphone saat sedang di sisi ulang baterai, akan beresiko membuat baterai menjadi panas alhasil dapat mengakibatkan baterai kembung bahkan sampai bocor.

  • Hidari Baterai Kosong Sampai 0%

Sesekali memang disarankan untuk membiarkan baterai smartphone kosong untuk melakukan kalibrasi. Namun, perlu di ingat proses kalibrasi hanya boleh dilakuan sebanyak satu sampai dua kali saja dalam satu bulan.

Karena jika baterai smartphone terlalu sering dibiarkan kosong, akan berdampak kepada lamanya proses isi ulang baterai, sehingga memicu panas berlebih yang bisa menjadi faktor baterai smartphone kembung atau bocor.

  • Hidari Charge Baterai Semalaman

Daya tampung listrik yang berlebihan saat mengisi ulang baterai semalaman dapat memicu overheat pada charger dan menyebabkan panas menyebar ke permukaan smartphone. Memang saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali teknologi auto cut-off saat daya sudah penuh, namun untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda menghindari charge baterai semalaman jika tidak mau baterai kembung atau bocor.

  • Hidari Penggunaan Charger Palsu

Penggunaan charger palsu yang tidak sesuai dengan output pada charger asli bisa menyebabkan tegangan yang berlebihan sehingga membuat proses pengisian baterai terganggu. Hal ini bisa menyebabkan baterai smartphone kembung atau bocor.
Saat ingin membeli charger baru sebaiknya Anda jeli dalam memilih charger baru yang akan Anda beli, agar tidak tertipu saat membeli charger baru sebaiknya Anda baca tips membedakan charger ori dan KW.

  • Hidari Tempat yang Berpotensi Menularkan Panas

Ada beberapa alat elektronik yang berpotensi menyebabkan panas berlebih, seperti kulkas, TV, CPU, dashboard mobil dan box motor, saat suhu panas sangat rentan memberikan radiasi ke smartphone. Untuk menghindari baterai smartphone kembung atau bocor, sebaiknya hindari menyimpan smartphone ditempat seperti ini.

Jadi kesimpunlannya, untuk menghindari baterai smartphone kembung atau bocor, usahakan smartphone Anda tidak panas. Panas berlebih yang terjadi di permukaan smartphone akan membuat baterai smartphone kembung atau bocor. Selain itu penggunaan soft case atau pengaman casing bisa juga menjadi faktor penyebab baterai smartphone kembung atau bocor.

Itulah tips merawat baterai smartphone, semoga tips yang Saya berikan bisa bermanfaat. Karena bisa d bilang baterai ini adalah salah satu komponen paling penting dalam sebuah hp, karena tanpa baterai hp tidak akan bisa menyala. Jadi rawatlah baterai hp Anda baik itu iphon, android, atau blackberry tetap harus d rawat dengan baik.

Banner iklan disini

Tags: #Baterai #Bocor #Kembung

Cara Membeli Aplikasi Android Tanpa Perlu Membayar
Cara Membeli Aplikasi Android Tanpa Perlu Membayar
Buat Kalian yang ingin mendapatkan aplikasi Android
Kecepatan Internet Indosat Dibatasi? Begini Mengatasinya
Kecepatan Internet Indosat Dibatasi? Begini Mengatasinya
Beberapa waktu lalu Saya sedikit jengkel dengan
Cara Menghilangkan Iklan di Android
Cara Menghilangkan Iklan di Android
Pasti suka terganggu bukan dengan munculnya banyak
170+ Wallpaper HD Hero Mobile Legends Paling Keren
170+ Wallpaper HD Hero Mobile Legends Paling Keren
Kepopuleran game mobile legends memang sedang naik
Baca Juga×

Top